Monday, July 11, 2005

To be a Java Master !!

Beberapa hari yang lalu aku ngobrol ama seniorku dulu pas di project. Yah temen2 yang lain bilang dia master java , hmmm....emang sih :D klo menurutku. Nah selama ini aku selalu belajar Java dari technology yang udah ada dan selalu mengikuti technology yang baru2 juga. Karena terlalu cepat juga perkembangan technology Java, maka aku coba tanya pada sang master kira2 gimana yah best practice nya biar bisa jadi master Java. Sarannya sih pertama coba u bikin target siapa yang bakalan u mau kejar knowledgenya, dengan begitu kmu akan punya target dan tidak ngambang belajarnya. Trus ada point2 penting yang aku dapat dari sang master, cobalah kmu kuasai beberapa technology disini, setelah itu barulah kmu bisa berkelana di dunia Java (bukan dunia persilatan !!). Tapi sebenernya sih menurutku ini tergantung dari zamannya , dan kebetulan technology ini memang sangat tepat keberadaannya.

Technology dan knowledge tersebut antara lain :
1 . OOP (Object Oriented Programming ) dan Design Pattern concept
2. JUnit but not JUnitEE
3. Ant , coba liat postinganku yang sebelumnya
4. SCJP (Sun Certified for Java Programmer)
5. And the last but not least , Spring Framework

Mungkin klo u semua mo coba ya monggo, aku sih sekarang sedang coba memperdalam technology diatas. O ya klo dapet site dan tutorial yang bagus tentang point2 yang diatas tolong dishare, dan klo ada comment ya silahkan nulis...Bebas aja kok :D

No comments: