Wednesday, June 29, 2005

Automation with Ant

Pernah bikin Java program yang lumayan komplek tapi capek compile ,gabungin dalam jar terus pengen running ? Ant adalah jawabannya. Ant merupakan build file seperti halnya make, tapi bedanya Ant dibuat pake dan untuk Java sehingga dijamin multiplatform. Dengan Ant maka kita melakukan otomasi pada development dan pendistribusiannya :D.

Ant memiliki 2 file konfigurasi yang utama , yang pertama adalah build.xml. File inilah yang dibaca oleh Ant sehingga melakukan proses compiling, jar-ing dan distributing. Disini u harus memasukkan tag2 dalam format xml. Yang kedua adalah build.properties, disini disimpan variable2 yang nantinya akan digunakan didalam build.xml. Biasanya yang ditaruh disini adalah semacam directory path, classpath dll. Setelah semua beres, dengan sekali ketik : ant maka proses otomasi akan dilakukan.

Dan menurutku pada saat ini dan masa mendatang proses otomasi dalam suatu project sangat mutlak digunakan, so belajarlah dan implement menggunakan Ant. Oke ini alamat yang kmu perlukan untuk mendapatkan info tentang Ant.

Automation makes jobs to be easier and simplier.

1 comment:

Anonymous said...

Visit All Skateboarding Logos