Monday, December 05, 2005

Drupal CMS (Content Management System)

Lupakan sejenak masalah love :p, lumayan lho buat diotak atik, semua nya tinggal konfigurasi sana sini, jadi deh. Ya klo loe semua pengen bikin web tapi masih belum canggih codingnya pake aja CMS yang satu ini. Klo udah biasa dengan MAMBO, ga ada salahnya untuk coba yang satu ini. Fiturnya cukup lengkap mulai dari content management system, blogs, forums, newsletters, picture galleries , themes dan module2 lain yang tinggal di plug and unplug. Installasi cukup mudah, tutorialnya cukup lengkap untuk ukuran software gratis :).

Jadi klo loe mo bikin web site yang butuh fitur lengkap, Drupal is best choice. Kemarin sih aku mo coba ajuin projek pribadi untuk bikin web dengan layanan module : forum, blog, news dan SMS. Semua ini bisa diimplementasi kok, SMS module itu tinggal dimasukin pluginnya n it will be running.

Kemarin sih sempat2 baca artikel dan forum tentang "Drupal vs MAMBO". Kebanyakan sih bilang Drupal bisa saja menggantikan MAMBO, karena saat ini Drupal sangan mudah dan modular banget. Klo menurutku sih terserah mo pake yang mana, itu bisa tergantung dari web site yang akan kita bikin. Pada dasarnya aku berpendapat, teknologi CMS-nya itu yang hebat, sedangkan tool2nya lebih bersifat mempermudah aja.

Klo loe2 pada pengen coba, silahkan kunjungi www.drupal.org

No comments: