Tuesday, June 21, 2005

IntelliJ IDEA

IntelliJ IDEA merupakan salah satu Java IDE yang cukup populer dikalangan developer java, ya soalnya aku juga pake ini :D. Ada beberapa feature dari IDEA ini yang sangat membantu developer java dalam hal bikin program, karena akan mempermudah dan mempercepat proses coding. Dengan tampilan GUI yang sangat modern, IDEA (terbaru versi 5.0, tapi aku masih pake yang 4.5 ) memberikan code inspection dimana memberikan pesan live error ketika ada code yang tidak sesuai dengan pattern Java. Klo temen2 membutuhkan code completion , maka tidak salah pake IDEA karena banyak code completion yang disediakan, mulai dari method completion sampai class completion.

Untuk masalah refactoring, IDEA jagonya, mulai dari refactoring EJB's code sampai supporting untuk JDK 1.5. Selain itu supporting terhadap third-party juga OK, seperti Application Server (Web Logic, Tomcat), CVS, SourceSafe, StarTeam, Ant build dan JUnit. Bahkan untuk developer J2EE, disediakan hot swap debugging yaitu melakukan compile code dan langsung bisa dibaca di application server tanpa harus restart server. Ini sangat membantu banget lho :p. O ya bagi yang ga tau refactoring, refactoring adalah usaha untuk merubah struktur code program (internal behaviour) dengan tidak merubah/mempengaruhi jalannya program itu sendiri(external behaviour). Di IDEA terdapat fitur garbage collection, jadi klo memory PC temen2 udah kecil bisa langsung aja execute button di kanan bawah, maka memory akan nambah lagi .. keren banget :o.

KLo pengen tau lebih jauh , coba kunjungi IntelliJ IDEA, tapi ini ga gratis lho dan ga open-source juga. Jika pengen yang free dan open-source bisa coba IDE lain seperti Eclipse, Emacs, dan NetBeans. Masih kurang ? coba lagi deh untuk yang commersial ini JDeveloper n JBuilder. He4x... ato malahan bingung mau pake yang mana, klo gitu ini aku kasih Java IDE Comparison (PDF) biar tau kelebihan dan kekurangan masing2. Tapi yang pasti coding pake Java lho yah :D.

2 comments:

Antonius Suharmono said...

Kang Jajang,
Thanks ya untuk sharingnya, aku pemula di programming java dan aku coba-coba intellij IDEA eh ternyata enak banget untuk pemula..

regards,
Anton

Shikamaru Nara said...

terimakasih atas infonya
timah solder