Friday, June 17, 2005

JSPs (Java Stored Procedures )

Jangan lupa dengan huruf s kecil dibelakang, soalnya ntar keliru sama JSP (Java Server Page) meskipun masih kerabat keluarga Java :p. Apa itu JSPs ? store procedures yang memakai bahasa Java, mungkin bagi kita selama ini terbisa dengan penggunaan PL/SQL, JSPs bisa dijadikan alternatif untuk bahasa codingnya. JSPs ini didukung oracle mulai versi 8.1 , karena disitu ada JServer yang merupakan JVM dalam DBMS. Jadinya sekarang apa yang akan kita pake JSPs ato PL/SQL ? menurut pakarnya sih keduanya bisa dipake dengan disesuaikan kebutuhan. Misal jika program kita memang cuman berurusan dengan DB Object dan SQL maka kita lebih mengedepankan PL/SQL, nah klo berhubungan dengan SQL,XML, J2EE dan Web Services maka pakailah JSPs.

Gimana caranya ? Ada beberapa langkah utama yang harus dilakukan, aku coba testnya pake TOAD wizard :D, klo mau pake command line bisa merujuk pada referensi yang aku sertakan dibawah. Pertama yang harus dibikin adalah Java code, perlu diperhatikan dalam pemilihan type indentifiernya, karena ini nantinya akan diconvert ke type yang didukung oleh Oracle, Data Access and Manipulation: Oracle Types vs. Java Types. Kmu bisa bikin codenya pake notepad ato pake Java IDE seperti JBuilder, IDEA, eclipse dsb.

Yang kedua adalah melakukan load objek java kedalam DBMS, kmu bisa menggunakan loadjava tool command line ato pake DDL CREATE JAVA. Maksud disini adalah memasukkan objek java ke dalam DBMS agar nantinya bisa dipanggil lewat JVM DBMS. O ya klo di TOAD pake Java Manager :D. Setelah objek java ke load ke DBMS, langkah berikutnya adalah melakukan publish dari class java tersebut. Gunanya publish ini adalah untuk membuat wrapper PL/SQL yang digunakan untuk memanggil objek Java. Disini bisa dibuatkan package bisa juga tidak. Di dalam PL/SQL yang dihasilkan kmu dapat menambahkan implementasi method2 yang selalu ada pada objek java seperti : getClass, hashCode, toString, wait, notify dll. Nah PL/SQL inilah nantinya yang akan dipanggil oleh procedure PL/SQL yang lain.

Jika perlu memberikan privilege maka berikan kepada user2 tertentu saja yang boleh execute. Udah deh harusnya tinggal panggil aja dan cek hasilnya, klo masih belum berhasil coba baca step by step di bawah ini. Semoga bermanfaat :p.

Calling Java from PL/SQL
Simplify with Java Stored Procedures

No comments: