Monday, May 16, 2005

Java Intro

Java, hmmmm.....yang aku omongin bukan suku bangsa melainkan technology Java yang akhir2 ini mulai booming di Indonesia. Padahal yang aku tau sih di luar sono udah 4 tahun yang lalu udah heboh, hmm jadi dipikir Indonesia telat juga sih untuk implementasi this technology.

Pertama kali denger Java pas jaman baru2 masuk kuliah, temenku si faisal selalu gembar gembor pake Java biar keren. Padahal sih setelah aku selidiki faisal juga masih bingung tentang Java :D. Oke deh memang untuk pemula masih bingung Java itu yang mana yah ? coz karena banyaknya fitur yang diimplementasikan oleh technology Java. Setelah baca2 buku, ternyata yang digembar-gemborin si faisal adalah Applet ,yang merupakan fitur Java untuk menampilkan ato lebih kerennya embedded aplikasi Java di Web, n pada saat udah ketinggalan jaman soalnya pake flash aja udah bisa n keren.

Pertama yang harus kita tau adalah Java Platform, apa itu ? ya itulah core dari Java dimana Java Platform adalah suatu Machine yang menjalankan aplikasi Java. Nah disinilah kunci multi-platform punya Java, sebenernya sih menurut aku sih Java multi-platform rada ngibulin :D soalnya tanpa ada Java Platform di client maka aplikasi Java kamu ga bakalan jalan n tiap OS punya versi Java Platform yang beda2. Yang pasti klo orang ngomongin Java Platform maka itu artinya JRE ( Java Runtime Environment) yang sekarang udah versi 5.0

Yang kedua klo ngomongin Java Language berarti ya bahasa coding yang dipake, soalnya di Java Platform yang bisa dipake cuman bahasa Java. Klo mau yang lebih banyak bahasa pake aja .NET :D. Nah klo mo coding kamu harus siap2 J2SDK(Java 2 Software Development Kit). Kira2 begitulah sekilas tentang Java-nya, nah sekarang aku jelasin dikit tentang fitur2nya.
Secara umum Java dibagi2 dalam 3 category, jadi tergantung temen2 ntar maunya dimana yaitu J2SE(Java 2 Standard Edition), J2ME (Java 2 Micro Edition) , dan J2EE( Java 2 Enterprise Edition ). Aslinya sih dulu cuman ada J2SE, untuk J2SE ya seperti hal nya kita bikin aplikasi2 biasa pake delphi ato VB. Nah yang beda dengan J2ME dan J2EE secara umum adalah librarynya , klo J2ME dikurangi n J2EE ditambahin :p. Tapi untuk tahu dasarnya sih saranku belajar dari J2SE dulu karena basicnya dari situ.

He4x.. akhirnya teringat pas bikin TA pake Java di Linux. Gini, karena kebiasaan pake deplhi n kurangnya basic dari J2SE, jadinya bikinnya ngasal. Yang pendekatan Objeknya kacau, patternnya juga ngasal :D, jadinya setelah beberapa bulan kerja di consultant aku cek2 lagi code2nya jadinya keliatan lucu :O. Saranku sih baca2 dulu konsepnya Java baru coba2 bikin aplikasi. Ada buku yang cukup bagus "Thinking in Java" by Bruce Eckel.. ini gratis lho ada pdfnya. Dengan konsep yang bagus maka design n coding kita jadi bagus. Btw yang penting designnya dulu yang bagus :D he4x jadinya ngejek Consultant di project yang designnya ngasal
Oke deh sepertinya dah kebanyakan untuk sebuah intro. So , mulai sekarang mari budayakan Java :D

No comments: