Wednesday, May 18, 2005

Java 5.0 , What's up ?

Java versi berapa yang sekarang temen2 pake ? sepertinya kebanyakan masih JDK/JSDK 1.4.2, aku pun juga pake versi ini di projectku sekarang. Tapi taukah bahwa versi terbaru adalah JDK 5.0, harusnya sih klo menurut aturan version namanya JDK 1.5.0 (setelah JDK 1.4.2) :D. Tapi setelah aku baca J2SE Naming and Versioning maka hal ini dilandasi oleh kemampuan terbaru dari JDK 5.0 (dikenal dengan nama code "Tiger") yang katanya lebih mature, stable, scalable dan tentunya lebih secure.

Oke sekarang kita coba liat sebenernya apa aja kemampuan dari JDK 5.0 ini. Mungkin temen2 bisa liat di Release Notes Guide yang menjelaskan semua fitur terbarunya. Tapi aku akan coba jelaskan sedikit fitur terbaru tersebut :p.

Pada intinya adalah Ease of development (kemudahan dalam development) yaitu generics, typesafe enumerated types, enhanced for loop dan masih banyakfitur lain yang mempermudah proses development. Contoh dalam fitur generics kita bisa secara explisit memberikan tipe parameter dari suatutipe variabel ato istilah kerennya parameterized types. Hal ini akan membantu untuk mendeteksi error yang disebabkan salah casting pada saat compile time (dimana pada JDK 1.4 hanya terdeksi pada saat runtime).
List datas = new ArrayList(); // model conventional
List = new ArrayList(); // model baru

Trus kita biasanya untuk melakukan looping suatu array/Collection harus memakai index, dengan adanya "enhanced for loop" maka kita bisa melakukannyatanpa menggunakan index. Wah asik banget tuh jadi kayak foreach-nya PHP :D, he4x biar joki "sang master PHP" pindah ke Java.
for (FormalParameter : Expression) Statement

Nah yang ini lebih ok lagi :p, klo temen2 biasanya dibikin repot untuk transform dari primitive ke Wrapper ato sebaliknya maka dengan adanyaautoboxing/unboxing kita bisa langsung transform keduanya seperti kayak primitive ke primitive. Intinya neh fitur bertujuan untuk mempermudahinteroperability antara tipe primitive dengan tipe reference.
// model conventional
list.add(0, new Integer(59));
int n = ((Integer)(list.get(0))).intValue();
// model baru
list.add(0, 59);
int total = list.get(0);

N yang terakhir, di JDK 5.0 ini juga support keyword enum , mungkin temen2 masih inget pas pake C++ dan cara kerjanya hampir sama.

Sebenernya masih banyak fitur2 baru di JDK 5.0 seperti static import, metadata dll, yang membikin Java semakin mudah n keren :o. Btw jangan khawatir,temen2 bisa baca2 neh artikel bagus buat nambah referensi, J2SE 5.0 in a Nutshell dan Programming with the New Language Features in J2SE 5.0. Semoga temen2 jadi kepincut dan pindah ke Java :D.
Mari budayakan Java !!

1 comment:

Anonymous said...

GUe udah baca keunggulan dari jdk 1.5 tapi bisa tolongin jelasin kekurangannya ga??? TErutama dalam akses gambar dari internet...Berapa jumlah piksel yang bisa diterima dari jdk tersebut?? BUat skripsi gue nih !!!

Ika UNiv.GUnadarma