Wednesday, November 16, 2005

Oracle XE (Express Edition) is FREE !!

Oracle akhirnya meliris versi gratis DBMSnya, namanya Oracle Express Edition (XE). Katanya sih light-weight kaya DBMS gratis terkenal lainnya , MySQL, PostgreeSQL. Dan neh DBMS bisa diembeded dengan aplikasi secara gratis pula. So sekarang mulai peranglah antara kubu Free vs kubu Opensource.

Impact yang sangat bagus adalah bagi para developer, dengan adanya aplikasi bagus nan gratis maka untuk mendeploy aplikasi bagus ga perlu bayar mahal pula. Nah setelah terlihat sukses maka bisa upgrade ke versi yang bayar alias komersil. Sepertinya oracle udah mengikuti jejak dari Microsoft yang telah mengeluarkan versi gratis MSQL , yaitu MSQL express. Tapi untuk versi gratis Oracle XE ini hanya di batasi untuk storage sebesar 4 GB, hmmm masih lebih bagus dibandingkan dengan MSQL Express yang hanya 2 GB.

Pertanyaannya, apakah Oracle XE tetap kerasa berat seperti versi yang lain, dan apakah sebenernya tujuan dari Oracle sendiri (ingat Oracle telah membeli InnoDB engine seperti yang digunakan di MySQL). So liat aja perkembangannya.

Ini bagi yang mo download : http://www.oracle.com/technology/software/products/database/xe/index.html

No comments: