Akhirnya sempat juga nulis setelah beberapa waktu sulit untuk mencari waktu luang. Hmm setelah pikir2 dapat juga ide untuk coba bahas tentang CRM (Customer Relationship Management). Secara kebetulan juga ditempat kerjaku yang baru juga fokus ke dunia CRM. Dan sekitar 2 minggu lalu aku dapet trainning tentang penggunaan tools dari company-ku, dan tool itu nantinya akan dipake untuk develop aplikasi CRM.
Oke deh aku akan coba beri sedikit tentang pengertian CRM, menurutku CRM adalah suatu aplikasi/methodology untuk melakukan analisa, pendekatan dan hubungan dengan customer secara online dan ontime. Jadi pada dasarnya CRM kebanyakan akan dipake dilayer front-end, biasanya untuk melakukan manajemen customer, melakukan penawaran, mencatat tracking dsb. Ini masih IMHO lho :D, dan secara default seharusnya aplikasi CRM harus support untuk konektivitas seperti email , telpon, TV dan media komunikasi yang lain. Pada saat ini aku sedang design dan develop template untuk aplikasi Sales And Service untuk banking. Disitu terdapat beberapa modul utama yaitu customer management, account management dan card management. So kebanyakan data yang diambil sudah disediakan oleh core sistem dari banking itu sendiri. CRM lebih ditekankan untuk langsung face to face dengan end user, dengan begitu maka pelayanan terhadap customer akan menjadi lebih baik.
Sekarang ini CRM di pasaran sedang naik daun bersama aplikasi lain seperti ERP (Enterprise Resource Planning) dan SCM ( Supply Chain Management). Maka tidak ada salahnya untuk belajar lebih jauh tentang CRM, dan diIndonesia untuk aplikasi CRM ini akan lebih rumit karena masalah information file yang memang masih jelek di negara kita. Dengan Information File yang bagus maka aplikasi CRM akan menjadi semakin bagus pula. Di dunia banyak sekali provider CRM, diantaranya yang menjadi leader adalah Graham Technology (It's my company :p) dengan produknya GTX dan Siebel. Semoga untuk kedepannya aplikasi CRM bisa membawa dampak cukup berarti bagi kelangsungan hubungan customer dan company. Amien.
Oke deh aku akan coba beri sedikit tentang pengertian CRM, menurutku CRM adalah suatu aplikasi/methodology untuk melakukan analisa, pendekatan dan hubungan dengan customer secara online dan ontime. Jadi pada dasarnya CRM kebanyakan akan dipake dilayer front-end, biasanya untuk melakukan manajemen customer, melakukan penawaran, mencatat tracking dsb. Ini masih IMHO lho :D, dan secara default seharusnya aplikasi CRM harus support untuk konektivitas seperti email , telpon, TV dan media komunikasi yang lain. Pada saat ini aku sedang design dan develop template untuk aplikasi Sales And Service untuk banking. Disitu terdapat beberapa modul utama yaitu customer management, account management dan card management. So kebanyakan data yang diambil sudah disediakan oleh core sistem dari banking itu sendiri. CRM lebih ditekankan untuk langsung face to face dengan end user, dengan begitu maka pelayanan terhadap customer akan menjadi lebih baik.
Sekarang ini CRM di pasaran sedang naik daun bersama aplikasi lain seperti ERP (Enterprise Resource Planning) dan SCM ( Supply Chain Management). Maka tidak ada salahnya untuk belajar lebih jauh tentang CRM, dan diIndonesia untuk aplikasi CRM ini akan lebih rumit karena masalah information file yang memang masih jelek di negara kita. Dengan Information File yang bagus maka aplikasi CRM akan menjadi semakin bagus pula. Di dunia banyak sekali provider CRM, diantaranya yang menjadi leader adalah Graham Technology (It's my company :p) dengan produknya GTX dan Siebel. Semoga untuk kedepannya aplikasi CRM bisa membawa dampak cukup berarti bagi kelangsungan hubungan customer dan company. Amien.
2 comments:
jang, typo tuh. itu http://www.grahamtechnology.com dong...
oke dan, thank atas pemberitahuan. He4x..ada yang tertarik juga :D
Post a Comment