Thursday, January 26, 2006

Design Pattern : Singleton vs Monostate

Dari dahulu bingung kenapa ada orang menggunakan Singleton dan Monostate, dulunya aku pikir sama karena behaviournya juga hampir sama. Kemudian cari sana sini eh akhirnya ketemu juga penjelasannya. Intinya sih masalah state, jadi klo mau statenya dibawa kemana-mana katakanlah kayak global object yang statenya berubah dan perlu menyimpan kondisi state terakhir maka lebih tepat menggunakan Singleton. Tapi klo cuman pengen share variable antar object maka bisa pake Monostate, biasanya untuk Global Constant. Sebagai tambahan masalah transparasi juga berbeda dimana Monostate lebih transparan dibanding Singleton karena bisa langsung akses variblenya sedangkan Singleton harus mendapatkan instance terlebih dahulu sebelum pake variablenya ( konsep encapsultation). Tapi ga tau ya masalah performansi ?


3 comments:

wongacid said...

jang, jelasin dong tentang desain pattern dan maksudnya. gw udah baca beberapa artikel tapi kok ga ngerti ya

wongacid said...

jang, jelasin dong tentang desain pattern dan maksudnya. gw udah baca beberapa artikel tapi kok ga ngerti ya

Jajang Kavita said...

IMO, design pattern sebenernya hanya gmn membuat design code yang bisa reusable dan bisa memecahkan masalah dimana ada problem yang sering terjadi dan masing2 punya solve sendiri. Jadi pada intinya untuk mengeneralisasi masalah yang umum dan yang terjadi berulang-ulang. Contohnya kayak singleton mendeskripsikan gmn bikin object yang hanya satu untuk 1 class. KLo pengen jelas baca ini wiki http://en.wikipedia.org/wiki/Design_pattern_(computer_science)