Saturday, October 01, 2005

ERP and CRM Presentation

Beberapa hari yang lalu aku mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Untuk pertama kalinya jadi pembicara dalam presentasi yang lumayan gede, pesertanya sekitar 160 mahasiswa. Ya, tepatnya jadi pembicara di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Meskipun rada2 berbau nepotisme tetep aja itu memberiku pengalaman yang berharga. Sesuai dengan request dari bapak dosen sana bahwa saya harus memberikan presentasi tentang solusi bisnis di suatu company, dan karena kebetulan company saya bergerak dibidang CRM maka saya mengusulkanuntuk overview tentang ERP dan CRM.

Semua berjalan OK, sampai pada saat mulai presentasi. Ketika aku coba memberikan gambaran dengan bahasa sederhana, para mahasiswa terlihat bengong :P. Tapi aku tetep coba untuk lebih interaktif namun tetep aja begitu kondisinya. So ,akhirnya aku putusin untuk mempercepat presentasi agar mereka tidak boring, dan aku berharap nantinya akan banyak pertanyaan tentang CRM dan ERP. Bener juga pada saat sesi tanya jawab lumayan ada yang bertanya dan meskipun pertanyaannya rada ringan tetep aja aku antusias menjawabnya.

Setelah semua selesai, aku bincang2 dengan bapak2 dosen, dan aku coba bertanya kenapa para mahasiswa kok kurang bisa mengerti apa yang saya sampaikan. Hmmm, beliaunya menjawab klo mahasiswa yang ikut kebanyakan adalah mahasiswa baru. Pikir saya pantes saja :), wong ada beberapa yang masih awan dengan komputer. Wah ternyata salah sasaran :P, tapi lumayan juga buat pengalaman yang berharga. KLo u semua pengen liat2 bahan presentasinya download aja disini Enterprise Business Solution

No comments: